Jumat, 22 Juli 2011

Dengan Musik Bisa Langsing

INILAH.COM,Jakarta - Sebuah studi baru menyebutkan, mendengarkan musik dan bernyanyi ternyata ampuh untuk menurunkan berat badan. Benarkah?



Seperti dikutip dari Genius Beauty, para peneliti dari Universitas Harvard menyatakan, bernyanyi memiliki efek menguntungkan pada tubuh. Tidak masalah jika seseorang memiliki suara dan pendengaran yang baik untuk musik atau tidak. Juga tidak penting apakah seseorang mengingat lirik lagu dengan detak jantungnya.

Para ilmuwan melakukan eksperimen di beberapa klinik Amerika Serikat. Para pasien diminta sering menyanyi. Ternyata, mereka yang menyanyi merasa nyeri, dan itu membantu mereka pulih lebih cepat. Ahli menyamakan efek menyanyi untuk melakukan latihan fisik.

Dokter menjelaskan, selama menyanyi tubuh manusia akan diperkaya dengan oksigen, yang meningkatkan sirkulasi darah, mempertahankan tonus otot, dan mendukung jantung serta paru-paru.

Para ahli mengatakan, ada teknik yang menyembuhkan kondisi gagap, meringankan efek stres, bahkan membantu menurunkan berat badan melalui bernyanyi.

Kekuatan musik

Selain dapat membuat kita senang, mendengarkan musik juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Nah, mau tahu apa saja kekuatan musik dalam membantu kita menuju tubuh yang sehat dan bugar?

Bikin betah berolahraga

Banyak penelitian menunjukkan, mendengarkan musik jenis apa saja akan membuat Anda berada di treadmill lebih lama. Ketika mendengarkan lagu yang inspiratif dengan lirik yang bersemangat, otomatis kita akan berolahraga dalam waktu yang lebih lama.

Menambah kekuatan

Mereka yang berlatih angkat beban sembari mendengarkan musik akan mampu melakukannya lebih lama, menurut penelitian dari Journal of Sports Sciences. Para ahli berspekulasi bahwa baik melodi maupun irama membantu psikologi Anda hingga tetap kuat.

Bikin betah berolahraga

Banyak penelitian menunjukkan, mendengarkan musik jenis apa saja akan membuat Anda berada di treadmill lebih lama. Ketika mendengarkan lagu yang inspiratif dengan lirik yang bersemangat, otomatis kita akan berolahraga dalam waktu lebih lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar