Jumat, 22 Juli 2011

Ini Dia, Bakteri Berbahaya pada Makanan

NILAH.COM,Jakarta - Makin banyaknya jenis makanan yang diawetkan, maka makin meningkat pula penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Secara alami, semua makanan mengandung sejumlah kecil bakteri. Jenis bakteri ini akan berkembang biak dan menimbulkan penyakit bila makanan yang Anda konsumsi tidak diolah dan disimpan sebagaimana mestinya.

Meskipun penyebaran penyakit yang ditimbulkan bakteri makanan ini tergantung pada usia, jumlah paparan dan tingkat kesehatan seseorang, namun tidak ada salahnya bila Anda waspada.

Nah, berikut beberapa bakteri berbahaya yang terdapat dalam makanan:

Clostridium Perfringens

Bakteri ini biasanya terdapat pada daging semur atau masakan yang berkuah kental. Penyebarannya umumnya terjadi bila mangkuk atau piring yang digunakan tidak dapat mempertahankan panas makanan atau bisa juga karena Anda terlalu lama mendinginkan makanan.

Salmonella

Jenis bakteri ini terdapat pada daging ayam, susu mentah, kuning telur yang telah tercemar dan masakan yang kurang matang. Penyebarannya melalui pisau, talenan atau melalui seseorang yang terinfeksi karena kurang menjaga kebersihan.


Vibrio Vulnificius

Bakteri ini berkembang pada jenis makanan tiram dan kerang-kerangan mentah ataupun setengah matang.

Staphylococcus Aureus

Bakteri ini berkembang pada daging, salad siap saji, saus krim dan kue berisi krim. Biasanya menyebar secara langsung melalui kontak tangan atau bersin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar