Minggu, 24 Juli 2011

Lindungi Usus dengan Diet Tinggi Serat

TRIBUNNEWS.COM - Diet vegetarian atau diet serat ternyata dapat membantu melindungi kita dari gangguan usus.
Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr Francesca Crowe dari Unit Epidemiologi Kanker di Universitas Oxford, yang diterbitkan online di British Medical Journal, melibatkan 47.033 orang dewasa di Inggris, dan 15.459 di antaranya adalah vegetarian.

Setelah meneliti setidaknya 11,6 tahun dan menemukan ada 812 kasus penyakit divertikular yang menyebabkan kondisi kram, kembung, sembelit dan diare. Para peneliti menemukan vegetarian dalam kelompok ini memiliki risiko 30% lebih rendah memiliki penyakit tersebut, dibandingkan dengan mereka yang makan daging, atau ikan atau keduanya.
Para penulis menjelaskan hal ini terjadi karena konsumsi daging mengubah metabolisme bakteri di usus besar, dan karena itu melemahkan dinding usus besar dan meningkatkan risiko penyakit divertikular.
Fakta ini juga menunjukkan hubungan antara makan lebih banyak serat dan mendapatkan risiko lebih rendah terserang penyakit.
Pasien yang mengonsumsi serat lebih dari 25.5g per hari untuk wanita dan lebih dari 26.1g untuk pria, memiliki risiko 42% lebih rendah terserang berbagai penyakit daripada mereka yang hanya mengonsumsi kurang dari 14gr serat per hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar