Minggu, 24 Juli 2011

Mulai Sekarang Batasi Kadar Lemak Dalam Tubuh

Mereka yang memiliki berat badan idel, bisa saja menderita penyakit berbahaya karena ternyata memiliki banyak kadar lemak dalam tubuhnya. Kadar lemak yang tidak diketahui karena berat tubuh sudah dianggap ideal namun kadar lemaknya sama sekali tidak diperhitungkan.
Kadar lemak dalam tubuh sebenarnya dibutuhkan tetapi jumlah yang dibutuhkan pun tidak boleh berlebih. "Kadar lemak dalam tubuh idealnya hanya 20 persen. Kandungan lemak yang berlebihan akan menimbulkan penyakit," ujar dr Phaidon Toruan di sela-sela workshop yang digelar di ITC Cempaka Mas, Cempakaputih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Membiarkan tubuh memiliki kandungan lemak berlebih bisa merugikan kesehatan. Kelebihan lemak bisa menyebabkan peradangan sel-sel imun. Sel lemak juga bisa bertambah jumlahnya enam kali lipat dari ukuran minimumnya. Bertambahnya jumlah kadar lemak karena pasokan makanan yang masuk dalam tubuh setiap hari tidak diimbangi dengan pembakaran lemaknya yang akhirnya menyebabkan kegemukan.
Lemak pada bagian perut meningkatkan kolesterol jahat yang memicu penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan dan kadar gula darah. Kelebihan lemak dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh dan memicu pembentukan kelebihan hormon estrogen.
Untuk mengurangi lemak, diet saja tidak cukup. Perlu juga olahraga dan mengatur pola pikir yang sehat. Penggabungan diet, olahraga, dan berpikir sehat akan menurunkan kadar lemak dalam tubuh sekaligus menyehatkan pikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar